Testosteron merupakan hormon seksual pria yang memiliki peranan paling penting dalam menjaga kesuburan, kesehatan tulang, fungsi seksual, hingga berpengaruh pada massa otot. Kadar testosteron dalam tubuh akan terus berkurang setidaknya satu sampai dua persen setiap tahunnya secara alami.

Ada berbagai perawatan medis yang bisa di lakukan untuk meningkatkan kadar testosteron yang rendah. Tapi, kamu juga bisa mengatasi kadar testosteron yang rendah itu dengan mendorong tubuh untuk memproduksi hormon testosteron yang lebih banyak. Contohnya mengubah gaya hidup yang lebih sehat kemudian dari asupan makanan yang di konsumsi.

Nah, berbicara tentang cara meningkatkan kadar testosteron dengan asupan makanan. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa bantu tingkatkan kadar testosteron kamu demi keberhasilan memiliki keturunan. Yuk, simak di bawah ini.

1. Buah Delima

Buah delima terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya yang memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan stres. Tapi tidak sampai situ saja, delima juga sering di kaitkan dengan fungsi seksual dan kesuburan pria.

Dari hasil sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 50 peserta sehat yang selama 14 hari rutin minum jus delima murni menunjukan peningkatan kadar testosteron baik itu pria maupun wanita hingga 24 persen. Peserta yang ikut juga mendapatkan mood yang lebih baik dan tekanan darah yang stabil.

2. Tiram

Tiram menjadi sumber penghasil seng terbaik ketimbang jenis makanan lainnya. Seng merupakan mineral paling berpengaruh pada kesuburan sperma dan kesehatan sistem reproduksi.

Dilansir dari sebuah laman kesehatan, pria dengan kadar kada seng yang rendah dalam tubuhnya bisa saja mengalami hipogonadisme. Kondisi ini merupakan kondisi dimana tubuh tidak akan bisa menghasilkan testosteron yang cukup. Akibat dari kondisi ini, orang tersebut memiliki kemungkinan mengalami impotensi hingga keterlambatan pematangan seksual.

3. Jahe

Bumbu masakan satu ini sudah menjadi alternatif pengobatan dalam menyembuhkan berbagai penyakit pada zaman dahulu. Para peneliti modern yang mencari khasiat jahe lainnya juga menemukan jika jahe memiliki kemampuan untukĀ  meningkatkan kesuburan pria.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi jahe dalam bentuk suplemen selama tiga bulan secara rutin bisa meningkatkan hormon testosteron pada pria hingga 17,7 persen. Tak sampai sana saja, penelitian lebih lanjut juga masih di lakukan untuk membuktikan jika jahe juga bisa meningkatkan kesehatan sperma yang lebih baik.