Buah salah adalah salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Rasa khas buah pada buah salah serta memiliki kulit luar yang sangat unik ini ternyata yang membuat mengapa banyak yang menyukai buah salak. Namun tidak hanya itu, ternyata buah salah juga di percaya memiliki kandungan yang beragan dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Salah ialah buah asli dari Indonesia yang banyak ditemukan di Sumatera dan jawa. Sementara ini salah juga ternyata sudah banyak di budidayakan di berbagai daerah seperti di Australia, Malaysia dan di berbagai negara lainnya lagi. Buah salah yang paling banyak di gemari yaitu buah salah bali dan salak pondoh.

Salah mempunyai cangkang yang hampir mirip dengan sisik ular sehingga membuat banyak orang menyebutnya dengan sebutan snake fruit. Daging pada buah salah ini berwarna putih dan memiliki rasa yang asam dan manis, di dalam buah salah juga terdapat biji berwarna coklat yang ukurannya sangat bervariasi tergantung pada besarnya buah salak tersebut. Salak juga sudah di percaya memiliki segudang nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh salah satunya protein dan zat besi.

Tidak hanya itu saja, salak juga sudah di anggap memiliki kandungan unsur-unsur yang penting seperti serat makanan dan senyawa fenolik. Nutrisi yang terkandung dalam buah salak ini yang membuat sangat layak untuk di konsumsi secara rutin. Namun ada beberapa manfaat salah yang perlu kalian ketahui seperti :
1. Baik untuk kesehatan mata
2. Membantu menurunkan berat badan
3. Meningkatkan kesehatan tubuh
4. Meningkatkan energi
5. Menjaga kesehatan kardiovaskular
6. Melawan gangguan pencernaan
7. Mengontrol kadar gula darah
8. Menguatkan ingatan

Namun beberapa manfaat salah seperti di atas masih membutuhkan penelitian lebih dalam lagi agar mendapatkan hasil yang optimal. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba mengkonsumsi buah yang satu ini untuk mendapatkan beragam khasiatnya.

Untuk mendapatkan buah salak ini sangat mudah, anda bisa mencarinya di pasar, tokoh buah maupun di supermarket. Buah salah juga dapat anda makan secara langsung atau juga bisa di olah menjadi beberapa olahan seperti puding, manisan, asinan rujak atau lainnya.

Tapi sangat di sarankan juga jika anda memiliki beberapa riwayat penyakit atau alergi, anda sebaiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum ingin mengkonsumsi buah salak. Hal ini dilakukan gunanya untuk mencegah terjadi sesuatu yang dapat merugikan kesehatan nantinya.