Saat kita memiliki lingkungan pergaulan yang besar dan luas. Maka kita akan semakin mengenal berbagai karakter orang. Akan banyak sekali jenis karakter orang yang baru dan akan kalian kenal. Dengan background tiap orang yang berbeda. Ada yang datang dari keluarga baik-baik. Ada dengan background broken home. Ada juga yang bahkan tidak tahu siapa orang tuanya. Ada yang memiliki kecanduan dengan rokok, narkoba bahkan seks bebas. Dan semua itu akan kita pelajari berjalannya waktu.

Kalian Bisa Belajar Banyak Dari Lingkungan Yang Luas

Dan tidak akan menutup kemungkinan kita akan mengenal semakin beragam orang dengan memiliki pergaulan yang luas. Dan itu baik. Bukan berarti kalian memiliki teman-teman atau kenalan dengan berbagai background dan sifat itu. Dengan berbagai kenakalan yang dimiliki oleh mereka, itu tidak baik untuk kita. Bahkan bagus jika kita memiliki kenalan atau teman dengan berbagai sifat yang ada. Sehingga kita bisa belajar dari mereka. Akan ada banyak sekali pelajaran yang bisa kita pelajari dari mereka. Akan ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Mulai dari bagaimana bertahan hidup.

Bagaiman pandangan atau cara berpikir setiap orang dari berbagai background mereka. Kita bisa melihat langsung orang yang merokok, orang yang candu akan narkoba, dan orang yang ketagihan dengan seks bebas. Dan bukan berarti kita pun harus ikut terjerumus dengan lingkungan seperti itu saat kita memiliki teman-teman yang melakukan semua kenakalan tersebut. Kita bisa belajar dari mereka juga. Kita bisa melihat, ternyata kalau merokok jadinya bagaimana, efeknya apa. Bibir akan menghitam, kuku dan jari akan menguning karena nikotin, dan kulit akan kusam.

Dan kita juga bisa belajar dari orang yang candu akan narkoba. Ternyata jika menggunakan narkoba begini, efek nya bagaimana. Yang kalau tidak menggunakan narkoba bisa tremor. Bisa gelisah dan keringat dingin. Dan bahkan jika orang yang sudah kebanyakan, secara fisik akan kelihatan tidak fresh. Bahkan wajah mulai kelihatan tua dan kusam. Baik kulit dan rambut. Dan untuk kepribadian sendiri, jika orang sudah kebanyakan, menjadi halu. Menjadi pembohong, dan bicaranya banyak yang mengada-ada. Sehingga banyak orang yang menjadi malas berteman dengan orang yang sudah kebanyakan.