Buah kedondong, siapa sih yang tidak kenal dengan buah kecil berwarna hijau yang memiliki cita rasa asam dan daging buah yang sedikit keras ini? Buah ini mungkin sering kita temui dalam bentuk manisan buah yang lezat ketika di makan, atau dalam campuran buah rujak yang menyegarkan.

Buah yang tumbuh dengan subur di daratan Asia Tenggara iniĀ  bisa di makan langsung atau di olah menjadi berbagai bentuk olahan yang tentu saja lezat. Selain itu, buah hijau kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa kita manfaatkan lho. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Sumber Antioksidan Dan Bisa Meningkatkan Imun

Kandungan antioksidan dalam buah kedondong cukup melimpah dan bisa kita manfaatkan untuk melawan radikal bebas yang merupakan sumber penyebab berbagai jenis penyakit. Selain itu, kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah ini juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga lebih baik dalam melawan virus dan bakteri dari luar penyebab penyakit.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kedondong memiliki kandungan vitamin C dan kolagen yang sangat banyak sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka pada permukaan kulit agar lebih cepat pulih. Cara mempercepat proses penyembuhan luka dengan kedondong juga tidak sulit, kamu hanya perlu mengkonsumsi buah ini secukupnya secara teratur hingga luka pada kulit membaik.

3. Pereda Batuk

Buah kedondong memang sudah di kenal sejak lama dapat meredakan batuk dan sudah terbukti ampuh. Cara menjadikan kedondong sebagai bahan pereda batuk cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan 2 atau 3 buah ini dengan parutan atau blender, kemudian peras dan beri sedikit garam. Air dari kedondong yang sudah di campur sedikit garam ini bisa kamu minum secara rutin 3 kali sehari hingga batuk reda.

4. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang melimpah dalam buah kedondong mampu melancarkan dan mengobati pencernaan yang bermasalah. Oleh karena itu, konsumsi buah kedondong secara rutin dengan porsi secukupnya untuk menjaga kesehatan pencernaan sangat di sarankan.