Beberapa Tips Untuk Mendaki Gunung Batur

mount batur

HAL – HAL YANG PERLU ANDA KETAHUI SEBELUM MENDAKI GUNUNG BATUR

Gunung Batur terletak di wilayah Bangli di pulau Bali, Indonesia. Selama bertahun-tahun wisatawan telah mendaki Gunung Batur (gunung berapi di Bali) untuk menyaksikan matahari terbit di atas gunung berapi terdekat Gunung Agung dan Gunung Agang.

Jika Anda bisa bangun lebih awal untuk berkendara ke gunung, Anda akan disuguhi kenaikan petualang dalam gelap dengan matahari terbit yang menakjubkan menunggu Anda di puncak anda akan melihat matahari terbit atau sunrise yang sungguh indah.

Dalam artikel ini saya membagikan 3 hal yang perlu Anda ketahui sebelum mendaki Gunung Batur, termasuk apa yang harus dibawa dan bagaimana mempersiapkannya.

Pendakian ini memakan waktu sekitar dua jam (lebih cepat jika Anda membutuhkan lebih sedikit istirahat) dan ingat Anda sedang meringkas gunung berapi setinggi 1.717 meter, atau 5.633 kaki, di atas permukaan laut.

1) APA YANG PAKAI UNTUK MENDAKI GUNUNG BATUR?

Suhu dan iklim akan berbeda dari satu malam ke malam berikutnya dan juga perubahan sepanjang kenaikan. Saya akan merekomendasikan memakai legging atau celana pendek yang nyaman, sesuatu yang biasanya Anda pakai untuk berolahraga.

Sejauh ini yang paling penting untuk dikenakan adalah pelatih yang tepat atau sepatu hiking! Saya menyaksikan banyak gadis mengenakan sepatu bot gaya konyol yang tergelincir ketika mereka mencoba memanjat bagian terakhir dari pendakian di mana bebatuan dan kerikil longgar.

Bawalah sweater atau hoodie untuk saat-saat yang lebih dingin di pendakian, mungkin di awal dan di puncak. Sepanjang kenaikan itu sendiri Anda mungkin akan menghapus lapisan luar ini.

Saya juga menyarankan membawa jaket tahan air, terutama jika Anda hiking di musim hujan atau di dekatnya karena Anda mungkin terkena hujan.

2) MENDAKI BERSAMA PEMANDU ATAU SUDAH BERPENGALAMAN
Mendaki gunung menjadi salah satu rintangan yang cukup sulit terutama bagi orang awam dan masih pemula karena banyak rintangan dalam perjalanan seperti yang kita ketahui perjalanan mendaki gunung tentunya tidak akan mulus seperti anda jogging di dalam taman.

Karena mendaki gunung akan mendapatkan jalanan yang terjal dan banyak batu besar nah mendaki dengan pemandu atau orang yang sudah berpengalaman menjadi salah satu cara yang tepat.

3) JADWAL MENDAKI
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda akan mendaki selama 1,5 – 2 jam tergantung pada kecepatan Anda sendiri dan kelompok yang Anda jalani. Anda akan mencapai puncaknya sekitar jam 5.30 pagi dan menghabiskan sekitar satu jam atau lebih hanya dengan menikmati matahari terbit.

Jadwal yang disarankan ialah mendaki pada jam 4 atau 5 pagi karena disaat anda berada dipuncak gunung anda akan menikmati matahari yang terbenam dengan sangat indah.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *