Asal dari buah kolang-kaling ini dari biji pohon aren ini bisa di olah dengan cara direbus dan direndam di dalam air kapur selama beberapa hari agar bisa di produksi menjadi kolang kaling. Di Indonesia kolang-kaling ini biasanya di konsumsi dengan campuran aneka hidangan pencuci mulut atau juga biasanya di buat manisan pada campuran sirup. Namun mungkin belum banyak yang mengetahui dengan manfaat kolang-kaling ini. Namun ada beberapa penelitian sudah melakukan bahwa pada kolang kaling ini memiliki kandungan serat, vitamin C, kalsium dan antioksidan yang ternyata cukup tinggi. Biji putih ini memiliki manfaat untuk mengurangi nyeri pada sendi dan juga berpotensi sebagai antipenuaan.

Sebuah penelitian juga sudah mengambil contoh pada daerah kolang-kaling, contoh kolang-kaling yang di ambil ada 3 tingkatan kematangan yaitu lunak, sedang dan keras. Kolang-kaling yang teksturnya keras berasal dari buah yang sudah tua sedangkan kolang-kaling yang lunak berasal dari buah yang masih muda. Pada umumnya kolang-kaling yang biasanya di olah menjadi tambahan makanan ini di ambil dari kolang-kaling yang masih keras.

Pada hasil penelitian yang sudah dilakukan menemukan kadar vitamin C, zat besi dan kalsium yang ada pada kolang-kaling ini akan semakin meningkatnya kematangan buah ini, namun nutrisi yang paling banyak terkandung terdapat buah kolang-kaling yang keras. Sementara kadar serat dan patinya justru yang paling banyak terkandung pada kolang-kaling yang muda atau lunak.

Berikut beberapa manfaat yang di miliki pada kolang-kaling seperti :
1. Sebagai sumber serat
2. Sebagai sumber vitamin C
3. Mengurangi nyeri rematik
4. Sebagai sumber kalsium

Namun perlu diingat bahwa beragam manfaat pada kolang-kaling di atas tentunya masih membutuhkan lebih banyak lagi penelitian lebih lanjut agar hasil yang didapatkan lebih akurat. Jika kalian ingin mengolahnya menjadi makanan penutup sebaiknya anda juga perlu memperhatikan tambahan gula atau sirup agar manfaat kolang-kaling ini tetap didapatkan secara optimal dan tidak merugikan kesehatan kalian. Namum jika terjadi reaksi yang tidak biasanya sebaiknya segera cek ke doker untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *