Buah kelengkeng mempunyai nama istilah dimocarpus longan dan termasuk kelompok exotic fruits. Kelengkeng juga mempunyai sebutan lain sebagai dragon eyes karena seperti mata naga dengan bulatan putih bening dengan biji hitam yang ada di dalamnya

Para orang tua biasanya takut jika anak- anak memakan kelengkeng karena di anggap sebagai buah yang dapat membuat batuk. Padahal kelengkeng ini dapat memberikan banyak manfaat banyak jika kita mengkonsumnya dengan porsi yang pas.

1. Memberikan Efek Rileks
Meskipun bentuknya kecil, buah ini ternyata baik untuk menangani masalah yang berhubungan dengan saraf. Buah ini dapat memberikan efek menenangkan saraf dan meningkatkan fungsi otak. Untuk anda yang sering insomnia maka sangat pas untuk mengkonsumsi kelengkeng, karena dapat membuat membantu dalam masalah susah tidur menjadi teratasi.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Para penderita darah rendah harus tahu kalau ternyata buah kelengkeng bisa untuk menurunkan tekanan darah. Itu semua terjadi karena bekerjanya potassium sehingga memperkecil kemungkinan terserang penyakit seperti stroke.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Khasiat buah ini ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika mengkonsumsi setengah mangkuk kelengkeng sudah bisa memenuhi 85% asupan harian vitamin C. Dengan mendapatkan kandungan vitamin c yang cukup maka tubuh akan menyerap zat besi pada makanan akan berjalan dengan semaksimal mungkin sehingga system kekebalan tubuh akan menjadi semakin kuat dan dapat menyehatkan kulit.

4. Anti Kanker
Kelengkeng mempunyai kadar polifenol yang cukup tinggi. Senyawa polifenol seperti asam galat menghilangkan radikal bebas karena stress dan zat beracun yang bisa mengakibatkan kanker. Buah, bunga dan juga dari buah kelengkeng ini adalah antioksidan yang sama kuatnya. Manfaat buah kelengkeng dari ramuan china yang sudah di olah, bisa juga untuk mengatasu sintesis darah terganggu dan menekan onkoprotein yang tidak diinginkan pada tumor dan menghancurkannya. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah kelengkeng atau bubuk olahan biji kelengkeng dengan secara sistematis bisa memperlambat sel kanker payudara, hati, paru – paru, kolorektal dan leher rahim.

Sesuatu yang berbentuk kecil dan terlihat sepele itu justru yang sangat berbahaya. Buah kelengkeng menjadi bukti kalau mereka yang kecil juga bisa memberikan banyak dampak baik untuk kesehatan.