Kanker saat ini masih menjadi sebuah penyakit yang sangat ditakuti. Kanker adalah penyakit yang mengakibatkkan kematian nomor 2 didunia, dan bertanggung jawab atas 9,5juta kematian pada tahun 2018 kemarin. Secara global, sekitar 1 dari 5 kematian dikarenakan oleh kanker.

Kanker dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita dari segala umur. Namun, jenis kanker yang sering terjadi dapat berbeda antara pria dan wanita. Perbedaan ini dapat diakibatkan oleh berbagai macam factor  seperti lingkungan, kondisi tubuh, gaya hidup.

Jenis Kanker yang Sering Menyerang Pria

Kanker Prostat

Salah satu jenis kanker yang sering di alami pria. Biasanya kanker prostat berkembang  lambat dan biasanya terbatas pada kelenjar prostat, yang dimana ia mungkin tidak mengekibatkan kerusakan serius. Kanker prostat adalah kelenjar kecil yang berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani dan mengangkat sperma. Test DNA sel abnormal mengakibatkan sel tumbuh dan membelah menjadi lebih cepat dibandingkan sel normal. Sel- sel abnormal akan terus hidup, pada saat sel- sel lain akan mati. Sel- sel abnormal yang terkumpul membentuk tumor yang bisa tumbuh dan menyerang jaringan di dekatnya.

Kanker Kolorektal

Kanker ini cenderung mempengaruhi pria dan wanita secara sama. Tapi, pria lebih cenderung mengembangkannya di usia yang lebih muda. Kanker kolorektal atau kanker usus besar dapat menyerang 1 dari 20 pria. Kanker ini dimulai pada usus besar, tempat  terakhir dari saluran pencernaan. Kanker usus besar ini biasanya berpengaruh pada orang dewasa atau lebih tua, walaupun itu dapat terjadi tanpa memandang usia.

Kanker Lambung

Kanker ini biasanya dimulai pada sel- sel penghasil lendir yang melapisi perut. Jenis kanker ini disebut sebagai adenokarsinoma. Kanker lambung terjadi pada saat sel yang biasanya sehat dalam system pencernaan bagian atas yang menjadi kanker dan tumbuh diluar kemampuan, yang membentuk tumor. Kanker  lambung ini cenderung berkembang selama bertahun-tahun.

Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih dapat terjadi pada pria  yang lebih sering dibandingkan wanita dan biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua, walaupun itu dapat terjadi pada usia berapapun. Kanker kandung kemih yang sering dimulai pada sel yang meliputi pada bagian dalam kandung kemih.

Ini terjadi karena meliputi merokok dan penggunaan tembakau lainnya, iritasi kronis pada lapisan kandung kemih, paparan radiasi sampai  infeksi parasite.