Pisang Goroho, Makanan Pengganti Nasi Gorontalo

Adriaticbasket.info – Berbicara tentang pisang, mungkin pada umumnya kita hanya mengenal seperti pisang raja, pisang kepok, pisang ambon atau pisang tanduk, namun tahukah anda kalau terdapat jenis pisang khas Gorontalo, pisang ini cukup populer di Gorontalo hingga pisang ini juga digunakan untuk menjadi pengganti nasi yakni, pisang GOROHO.

Jika anda berkunjung ke Sulawesi, pisang jenis ini mudah untuk di temukan dan secara fisik, pohon pisang ini juga sedikit berbeda dengan pohon pisang pada umumnya, pohon pisang ini memiliki tangkai yang cukup tinggi dan delapan sisir pisang, kemudian batang pisangnya juga lebih kecil di bandingkan dengan batang pisang pada umumnya.

Jenis pisang Goroho ini sebenarnya di hasilkan dari persilangan antara jenis pisang Musa acuminata dan Musa balbisina, hasil dari persilangan ini membuat daging pisang ini menjadi lebih lezat dan khas. Selain itu kandungan dalam pisang Goroho ini juga di percaya dapat membantu mengurangi kolestrol dan membantu mengobati penyakit darah tinggi serta diabetes.

Karena kandungannya yang sangat baik untuk kesehatan, banyak masyarakat Gorontalo yang memanfaatkan pisang ini menjadi pengganti nasi dan pisang ini adalah salah satu santapan populer milik Gorontalo, selain itu banyak orang juga menjadikan pisang ini sebagai oleh-oleh.

Cara penyajian pisang ini juga berbeda dengan pisang pada umumnya, pisang ini di sajikan dengan kondisi pisang belum sepenuhnya matang, karena kalau pisang Goroho sudah matang, daging pisang tersebut akan lembek dan rasanya juga asam begitu juga sebaliknya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *