Beberapa waktu ini banyak yang membahas tentang Bitcoin. Bitcoin sendiri berbentuk mata uang elektronik ataupun digital, yang datanya bisa di tukarkan ke berbagai bentuk mata uang dan salah satunya yaitu Rupiah. Bitcoin mempunyai nilai tranksaksi yang sangat tinggi. Maka dari itu kita akan membahas sedikit tentang bertranksaksi menggunakan Bitcoin, mengapa Bitcoin bisa menjadi trend dan sangat di gemari oleh banyak orang.

Di lansir dari sebuah buku yang berjudul “Mengenal Bitcoin & Cryptocurrency” karya A. Wijaya. Satoshi Nakamoto merupakan orang yang menciptakan Bitcoin. Walaupun sampai sekarang masih banyak juga orang yang belum mengetahui identitas sebenarnya dari Satoshi Nakamoto. Bitcoin yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto ini digunakan untuk mengetahui pihak mana yang mau mengontrol sistem keuangan.

Pada proses Bitcoin ini menggunakan sebuah sistem blockchain, kalau diartikan adlaah rantai yang berbentuk blok-blok. Pada saat ingin memulai tranksaksi dengan Bitcoin, kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Bitcoin Miner. Sebelum data tranksaksi itu dimasukkan ke dalam susunan blok-blok yang disebut juga dengan blockchain tadi, kita harus mengawalinya dengan proses validasi terlebih dahulu. Proses tranksaksi ini bisa disebut dengan mining ataupun menambang oleh Application Specific Integrated Circuit (ASIC). ASIC sendiri berperan sebagai miner atau yang bisa disebut dengan penambang, merupakan salah satu pihak yang terlibat kedalam proses mining.

Tidak hanya itu, pendapat dari yang lainnya seperti yang di lansir langsung dari Youtube Bitcoin Indonesia dengan judul “Apa itu Bitcoin”, menyatakan bahwa Bitcoin adalah mata uang yang tak diatur oleh pihak ataupun negara manapun. Bitcoin sendiri adalah uang digital yang bisa dikirim melalui internet. Bitcoin mempunyai beberapa keuntungan kalau dibandingkan dengan mata uang yang konvensional. Keuntungan itu yakni bisa dikirim kemana saja dengan hanya bermodal internet tanpa harus melalui perantara seperti kliring atau bank, juga bisa digunakan dimana saja dan tidak bisa dibekukan tanpa syarat serta tanpa ada batasan jumlah.

Bitcoin bisa disimpan di dompet digital seperti internet banking. Sewaktu kita mengirimkan Bitcoin, kita akan diberikan tanda tangan elektronik. Dalam beberapa menit akan segera dikonfirmasi oleh miner, tranksaksi Bitcoin bersifat permanen dan anonim. Selain itu, aplikasi yang biasanya digunakan pun bersifat “open source” sehingga siapapun orangnya tetap berhak untuk melakukan pengawasan. Contoh tranksaksi menggunakan Bitcoin seperti di permainan game, berbentuk hadiah, domain, buku, hosting dan lain-lain. Bitcoin ternyata bisa ditukarkan dengan “exchanger” ke berbagai macam bentuk mata uang, salah satunya ke Rupiah ataupun Dollar. Bitcoin bisa juga digunakan oleh para pengusaha kecil ataupun freelancer sekalipun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *